Tebar Hadiah Ramadhan 1445 kepada Santri Panti Darul Arqom

PA DARUL ARQOM - Ramadhan berkah, Ramadhan Mubarok, di hari ke 28 Ramadhan 1445 H, Panti Asuhan Darul Arqom menyelenggarakan Tebar Hadiah Ramadhan kepada seluruh anak Panti Asuhan Darul Arqom. (Ahad, 7 April 2024).

Bertempat di Aula Kyai Ahmad Dahlan Gedung Dakwah Muhammadiyah Kota Pasuruan, kegiatan ini mengundang orangtua/wali dari santri Panti Asuhan untuk bisa menerima laporan perkembangan santri Panti. Dengan demikian maka pihak keluarga bisa menerima laporan seutuhnya perihal perkembangan anak santri. 

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pertama untuk anak panti yang bermukim bersama keluarga dan anak panti yang bermukim di asrama. 

SESI PERTAMA

Pukul 09.00 acara sesi pertama dimulai, dengan diawali tilawah dari ananda Fahri santri kelas XI MM-SMK MUTU Pasuruan. Didampingi oleh Ustadzah Asri, dan Bu Luluk, selaku ketua panti, ustad Suyatno yang menjelaskan bahwa anak panti yang di asrama sebanyak 14 anak, sedangkan yang diluar asrama sebanyak 30 anak. 

Ustad Suyatno mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak keluarga yang telah berkenan hadir dalam kegiatan ini. Ustad Suyatno meminta kepada keluarga anak panti untuk menjaga sholatnya anak-anak, mengaji Al Qur'an, hafalan Qur'an dan lainnya.  

Pesan ustad Suyatno kepada seluruh anak panti agar tetap selalu mendo'akan orang tua baik yang masih ada maupun yang sudah meninggal. "Sebagai anak yang baik, berdo'alah untuk orang tua kalian." Orang tua tidak menginginkan apa-apa kecuali anak yang sholeh atau sholikah.  

Sesi pertama diakhiri dengan penyerahan paket lebaran berupa sembako dan uang saku untuk lebaran. Pemberian ini murni sebagai wujud kepedulian Panti Asuhan Darul Arqom kepada anak-anak di hari raya Idul Fitri 1445 H.

SESI KEDUA

Sesi kedua dimulai pukul 10.30 wib dengan undangan khusus kepada anak santri yang bermukim di asrama. Ada 10 orang tua santri yang bisa menghadiri kegiatan ini. Dalam sesi kedua ini Pengurus Panti Asuhan Darul Arqom memberikan laporan perkembangan anak selama 1 tahun periode yang diberikan pada hari ini.  

Laporan ini diberikan sebelum anak-anak santri panti menikmati liburan hari raya idul fitri 1445 h. Laporan pertama mengenai keseharian santri mulai dari aktifitas di asrama, kegiatan di masjid dan di sekolah masing-masing baik di SMP MUTU Pasuruan maupun yang bersekolah di SMK MUTU Pasuruan.

Beberapa anak santri menjadi perhatian bagi pengurus karena ada pelanggaran yang telah dilakukan, tetapi semua itu harus dilaporkan untuk sekedar diketahui pihak keluarga. Pelanggaran masih bisa ditoleransi dengan harapan untuk diperbaiki dan tidak diulangi kembali. 

Ustad Suyatno menjelaskan bahwa seorang santri harus disiplin dan ringan tangan, membantu para jama'ah sewaktu kenyamanan beribadah di masjid maupun ketertiban kendaraan jama'ah. Kebersihan asrama juga dipelihara termasuk kebersihan tempat wudhu, toilet, dan masjid.

"Santri juga harus mudah tersenyum, jangan cemberut ketika ada tamu, jama'ah yang datang. Pelayanan kita supaya jama'ah bisa nyaman beribadah di masjid Darul Arqom ini" jelasnya.

Mengenai liburan idul fitri yakni mulai tanggal 10 April 2024 setelah pelaksanaan sholat ied anak-anak bisa kembali ke rumah keluarga masing-masing. Sedangkan bagi santri yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) masih tetap di asrama. Santri Panti kembali ke asrama pada tanggal 16 April 2024 sore hari. Sehingga pada hari rabu, 17 april 2024 bisa melakukan bersih-bersih di asrama sebelum santri kembali masuk ke sekolah. 

Selama libur hari raya idul fitri 1445 H, pengurus menitipkan kembali ke keluarga masing-masing agar tetap memperhatikan mengenai sholat, hafalan Qur'annya, mengaji, sikap, adab, sopan santun di lingkungan masyarakat.  

"Jangan sampai kembali ke keluarga, sholat terabaikan, sikap di keluarga bukan mencerminkan santri panti, dan lainnya" tegas ustad Suyatno.  

Ustad Fiqo selaku sekretaris 2 panti, memberikan tambahan penjelasan mengenai laporan santri panti khususnya dari SMK perihal kedisiplinan, akhlak dan lainnya. "Santri panti harus bisa menjadi contoh bagi siswa lainnya dalam hal kedisiplinan, jangan sampai masuk ke SMK terlambat, sholat dhuhur di SMK kurang bersemangat."  terangnya. 

"Dan yang menjadi hal baik di SMK yakni santri panti berani menjadi petugas Kuliah Tiga Menit (KULTIM) setelah sholat dhuhur berjama'ah, selain itu aktif dalam kegiatan IPM, Esktrakurikuler Volly, Tapak Suci".  ujarnya.

Di sesi kedua ini pihak panti ingin adanya feedback dari pihak keluarga santri sehingga ada komunikasi yang terbangun antara Pengurus, Keluarga Panti dan anak panti itu sendiri. 

Dari ibunya Rayya 

Mengucapkan terima kasih kepada pengurus panti, sehingga saat ini raya mampu menghafal Al-Quran serta menjadi pribadi yang baik untuk keluarga. "Saya ingin Rayya bisa mengatur hidup untuk masa depannya menjadi orang yang lebih baik lagi".  Bisa kerjasama dengan teman-temannya se asrama. 

Pesannya kepada Rayya dan teman-temannya "Jadilah anak yang terus berbuat baik, sholatnya tidak pernah putus, dan teman-temannya juga demikian". ujarnya.

"Kalau merasa susah dengan hafalan Qur'an itu adalah proses, proses dinikmati saja. Akan menunaikan manfaatnya dikemudian hari. Proses itu mudah dan harus dijalani" terangnya.

Ibunda Haris

"Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Saya mohon ma'af apabila ada kelakukan dari putra kami yang begitu merepotkan bapak/ibu pengurus. Karena anak saya dulunya suka main game, dulunya perhatian anak saya kurang sehingga pergaulan anak menjadi salah". tuturnya.

"Dalam pendidikan belum begitu menguasai, kami mohon ma'af, agak lambat dalam menerima ilmu yang ada. Atas perhatian bapak/ibu pengurus saya mengucapkan terima kasih. Semoga rizki dan teman-temannya jangan cepat putus asa untuk masa depan yang lebih baik, diluar sana banyak pergaulan yang salah" lirihnya sambil terisak-isak. 

Ibunda Risqi

"Terima kasih kepada pengurus panti yang membimbing, mendidik anak saya mulai dari dulu  yang belum mengerti apa-apa sampai sekarang bisa mencapai hafalan 6 juz. Meskipun seringkali melakukan kesalahan saya mengucapkan terima kasih banyal" jelasnya. 

Ibunda Izzul

"Saya banyak-banyak mengucapkan terima kasih kepada Panti Asuhan Darul Arqom. saya banyak terbantu karena anak saya. Sikap Izzul menjadi lebih santun di keluarga, Saya mohon ma'af apabila anak saya kurang merawat diri, tetapi saya mohon bimbingan untuk izzul. Pesan saya untuk kawan-kawan izzul, banyak-banyak bersyukur, kalian harus bisa memanfaatkan diri di Panti Asuhan ini." tuturnya.

Ibunda Alif

"Mohon Ma'af kepada pengurus Panti apabila ada kesalahan dari anak saya sewaktu di Panti. Saya merasa bersyukur dengan Alif di menjadi santri Panti Asuhan ini." ibundanya melanjutkan "Saya merasa terharu ketika Alif pulang ke rumah. sewaktu malam Alif menjadi imam sholat di rumah dan saya menjadi makmumnya. Saya merasa terharu dengan bacaan surah dalam sholatnya, apalagi alif menjadi imam sholat dihari Ulang Tahun ibu-nya" sambil terisak-isak.

Pesannya kepada anak Panti Darul Arqom, "jangan melupakan sholatnya apalagi sholat wajib, Insya Allah nanti kalian akan sukses dunia akhirat". Amiinn... 

PENUTUP

Acara berikutnya yakni pemberian paket hadiah lebaran berupa sembako, uang saku, dan 1 stel baju lebaran berupa baju dan celana. Pemberian ini diterima langsung oleh para Santri dengan gembira sambil mencari ukuran baju yang pas dengan ukuran badannya. 


Berikut beberapa foto dokumentasi kegiatan yang telah berlangsung. 



































Lebih baru Lebih lama