Pelatihan MC Jelang Ramadhan 1445 H

PA DARUL ARQOM - Kegiatan rutinitas anak-anak santri Darul Arqom Pasuruan pada hari Jumat, 23 Pebruari 2024, diisi dengan latihan Moderator Ceremony (MC). 


Kegiatan ini diberikan jelang memasuki bulan Ramadhan 1445 H yang kurang 18 hari lagi. Materi latihan MC/Pembawa acara ini diperuntukkan sebagai pembukaan sebelum pelaksanaan solat taraweh nanti..

MC ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada para jama'ah yang ada mengenai Ustad yang mengimami sholat tarawih, ceramah singkatnya, tema khutbah, atau informasi lainnya dari takmir Masjid Darul Arqom. Biasanya pelaksanaan MC ini dilakukan setelah sholat Isya', sholat sunnah, kemudian barulah MC berada di mimbar untuk menjalankan tugasnya. Kemudian dilaksanakan khutbah tarawih, sholat tarawih. Dan diakhiri dengan sholat witir. 

Dalam kegiatan ini, hadir 14 santri yang hadir, yakni Fadil, Saiful, Haris, Izul, Aril, Aman, Risky, Fahri, Raya, Faris, Alif, Nuim, Andik, dan Marson. Mereka tampil secara bergantian berdiri didepan teman temannya.

Diawali Fahri, Aman, Faris, Nuim, izul, Marson, semua lancar dengan menggunakan intonasi dan bahasa yang baik. 

Sedangkan bagi yang belum mendapatkan waktu tampil diwaktu pertemuan berikutnya.

Selaku pendamping pelatihan ini Ustad Suyatno memberikan Tips dan trik supaya anak-anak Panti bisa menjalankan tugasnya sebagai MC dengan baik. Yakni percaya diri, kesabaran dan ketenangan sehingga sewaktu berdiri di depan jama'ah tidak grogi, takut serta kehilangan materi mengenai info yang akan disampaikan. 

"Kuasai dulu informasi mengenai siapa imam, khotib, tema khutbah atau informasi dari takmir untuk jama'a, Kemudian sampaikan dengan penuh percaya diri. Insya Allah kita bisa menjadi MC yang baik" ujarnya dihadapan seluruh santri Panti Asuhan Darul Arqom. 

Pelatihan MC ini diakhiri solat isyak berjamaah dengan muadzin Aman dan imam solat Fahri yang merupakan siswa kelas XI MM SMK MUTU Pasuruan. 






Lebih baru Lebih lama