Waktu Liburan diganti dengan Belajar Berwirausaha

LKSA DARUL ARQOM - Kegiatan untuk anak-anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) / Panti Asuhan Darul Arqom pada Kamis, 28 Desember 2023 diisi dengan pengenalan praktek usaha. 

Bertempat di usaha Pabrik pakan ikan "MUBAROK" yang berada di RT.1/RW.2, desa Tidu, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan. Anak-anak panti didampingi oleh Ketua Panti, Ustad Suyatno dan Sekretaris, Ustadzah Asri mengunjungi tempat usaha pakan ikan. 

Segala jenis pakan ikan telah diproduksi disini tetapi yang paling utama pakan ikan untuk ikan Lele yang termasuk ikan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di pedagang kaki lima. 

Di tempat usaha sudah disambut oleh Bapak Eko Hari Wiyono sebagai owner dari usaha ini. Dengan telaten, Pak Eko-panggilan akbrabnya yang juga Donatur Panti ini mulai menerangkan mengenai awal bahan baku, proses produksi, pengepakan, sampai hasil jadi. 

Membuat pakan ikan tidaklah sulit dan dapat menghemat biaya pemeliharan ikan nantinya. Pakan ikan harus memiliki komposisi dan kandungan gizi yang memadai sehingga akan mempercepat pertumbuhan ikan sesuai dengan hasil yang diinginkan. 

Bahan-bahan yang dipilih haruslah memenuhi beberapa kriteria terutama untuk kesehatan ikan. Bagaimana nantinya ikan bisa menikmati makanan tersebut dan otomatis menaikkan berat dari ikan tersebut. 

Penjelasan yang disampaikan oleh Pak H. Eko sangatlah dicermati oleh anak Panti, dengan bahasa yang sederhana tetapi mampu bisa ditangkap oleh anak-anak.

Selanjutnya beranjak ke tempat usaha yang kedua yakni usaha peternakan ikan Lele Bapak Ardiansyah yang berada di Bukir, Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. 

Di tempat ini belajar langsung proses produksi dari perikanan Lele. Ikan Lele yang termasuk jenis ikan mudah untuk dipelihara tetapi juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat, baik pedagang ikan di pinggir jalan, restoran, cafe dan lainnya. Prospek yang sangat bagus sehingga nantinya pemasaran pun tidak jauh-jauh sampai keluar Kota. 

Perawatan ikan Lele sangat mudah, dari segi pemberian makanan, perawatan air, dan lainnya. Selain itu pula diberikan tips bagaimana pengolahan limbah dari peternakan ikan Lele ini. 

Ustad Suyatno selalu ketua Panti menjelaskan keinginan dari kegiatan berwirausaha. "Kegiatan ini memberikan gambaran kepada anak-anak agar mempunyai gambaran akan usaha yang akan digeluti nantinya sewaktu mandiri."

"Selain itu pula bisa memberikan tambahan ilmu usaha yang didapat langsung dari pelaku usaha". Sedangkan dipilihnya untuk belajar dari usaha pakan ikan dan peternakan Lele ini dikarenakan nilai manfaat dan peluang yang masih terbuka di masa yang akan datang."

Pembelajaran untuk mengenalkan contoh usaha kepada anak-anak harus didukung dengan kemauan yang kuat. Sehingga anak-anak nanti bisa mandiri, kuat ekonomi untuk melanjutkan perjuangan dakwah islam nantinya.


Foto Kegiatan

Di Pabrik Pengolahan Makanan Ikan






Foto kegiatan di Peternakan Ikan Lele










Lebih baru Lebih lama