Anak Panti menjadi Juara di Ajang Tapak Suci Cup di Unmuh Jember

LKSA DARUL ARQOM - Prestasi Anak Panti Asuhan Darul Arqom memang tidak diragukan lagi dalam berbagai momen di kejuaraan yang ada. Kali ini Faris Rajabia anak panti sekaligus siswa kelas XI TKJ meraih prestasi di ajang kejuaraan Bela Diri Tapak Suci Cup 2023 yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Jember. 


Sekitar 400 peserta meramaikan ajang Pencak Silat Tapak Suci Jember Open Championship 2022, di Aula Ahmad Zainuri, Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember. Unmuh Jember selaku tuan rumah melangsungkan kejuaraan tingkat nasional itu selama lima hari, sejak Rabu (3/8) hingga Minggu (7/8) dengan mempertandingkan empat kategori.

Mulai dari kategori usia dini 10 sampai 12 tahun, kategori pra-remaja usia 12–14 tahun, kategori remaja usia 14–17 tahun, dan kategori dewasa usia 17 tahun ke atas. Ketua Panitia Pencak Silat Tapak Suci Jember Open Championship Bejo Sukatman mengatakan, antusiasme peserta cukup tinggi mengikuti kejuaraan tersebut. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya peserta yang berasal dari luar daerah hingga luar Pulau Jawa. "Ada peserta yang juga berasal dari Kalimantan," katanya.

Dia menjelaskan, pada kejuaraan tersebut panitia sengaja menambah porsi kategori pra-usia dini usia 8-10 tahun. "Antusiasme peserta pada usia itu di Jember banyak,” jelas Bejo. Selain mempertandingkan atlet di masing-masing kategori, panitia juga menentukan lawan tanding berdasarkan berat badan. Sementara, untuk dewasa membedakan kelas berat badan dengan interval 5 kilogram, untuk remaja interval 4 kilogram, dan untuk usia dini jarak interval berat badan 2 kilogram.

Dia menambahkan, hasil luaran dari Pencak Silat Tapak Suci Jember Open Championship 2022 itu bisa menyaring potensi-potensi atlet yang ada. Sekaligus untuk dipersiapkan dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) maupun Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim mendatang.

Melihat antusiasme peserta yang cukup tinggi, maka pihaknya berharap kejuaraan itu dapat memberikan fasilitas yang lebih untuk mewadahi potensi para atlet pencak silat Tapak Suci. "Kami belum bisa membuka kategori seni untuk usia dini hingga remaja, hanya seni kategori dewasa. Ke depan, open championship yang akan datang, seni kategori usia dini sampai remaja bisa digelar,” pungkasnya.



Lebih baru Lebih lama