Adri Siswanto Ngaji bareng syekh dari Palestina (Syekh Ahmed Salim Abuhanza)

PA DARUL ARQOM - Santri Panti Asuhan Darul Arqom Adri Siswanto yang merupakan siswa SMK MUTU Pasuruan kelas XII TKJ, ngaji bareng syekh dari Palestina (Syekh Ahmed Salim Abuhanza) 

Ada dua Syekh asal jalur Gaza Palestina yaitu Ahmad Saleem Abu Anza dan Osama al-Yacoubi kini tengah berihlah dakwah (Safari) selama bulan Ramadhan 1443 hijriyah. Bersama LAZISMU mereka berkeliling berbagai daerah di Jawa Timur. Keduanya mengemban misi menguatkan persaudaraan Islam, menebarkan salam perdamaian dunia dan menggalang dukungan dan solidaritas rakyat Indonesia untuk perjuangan bangsa Palestina.

Kedua Syekh sama-sama berasal dari wilayah jalur Gaza. Jalur Gaza merupakan wilayah terpisah dari Tepi Barat (West Bank) dimana ibukota Palestina, Yerusalem berkedudukan. Yang membedakan, keduanya adalah tujuan kedatangan dan daerah asalnya. Syekh Ahmad Saleem Abu Anza berasal dari daerah Khan Younis, sedangkan Syekh Osama al-Yacoubi dari daerah Kota Gaza.

Syekh Ahmad Saleem Sulaiman Abu Anza datang ke Indonesia bersama kelima Syekh lainnya yang juga bertujuan melakukan safari dakwah selama bulan Ramadhan di tanah air. Mereka didatangkan oleh QNM selaku koordinator Syekh Palestina di Indonesia. Syekh Ahmad Saleem bersafari dakwah bersama LAZISMU di Jawa Timur.

Sedangkan Syekh Osama al-Yacoubi datang ke Indonesia sudah dua tahun yang lalu, tepatnya sebelum tibanya masa pandemi Covid-19. Osama al-Yacoubi datang ke Indonesia untuk tujuan studi S2 atas beasiswa dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ia belajar bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama satu tahun dan kemudian menempuh jenjang S2 program studi Manajemen Administrasi Rumah Sakit di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk masa dua tahun.

Safari Dakwah Syekh Ahmad Saleem Abu Anza bersama LAZISMU dimulai dari tanggal 1 hingga 24 April 2022. Syekh Saleem berihlah ke daerah-daerah seperti Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Jember, Mojokerto dan Jombang. Sedangkan Syekh Osama al-Yacoubi mulai tanggal 15 hingga 20 April 2022 ke daerah Malang Raya, Blitar, Tulungagung dan Madiun.


Di Kota Pasuruan Syekh Ahmaed Salin Abuhanza singgah di Masjid Darul Arqom Pasuruan yang merupakan satu Komplek dari Panti Asuhan Darul Arqom. Pada Sabtu, 18 Mei 2019, di Masjid Darul Arqom ini syekh sempat melakukan ngaji bareng dengan Santri dari Panti Asuhan Darul Arqom sebelum melanjutkan safari Ramadhannya ke Kota Probolinggo. 

Lebih baru Lebih lama